Jumat, 01 Agustus 2008

Apakah Teknikal Analisis Bermanfaat?



Dalam melakukan trading, para trader menggunakan secara umum dua macam teknik menganalisis, yaitu teknikal analisis dan fundamental analisis.

Teknikal analisis dilakukan dengan memperhatikan historis harga dari komoditi yang ditinjau. Ini kemudian dipadukan dengan berbagai macam 'tools' yang telah dikembangkan oleh berbagai macam pihak. Ada yang dinamakan MA, EMA, Bollinger Band, Trend Analysis, Volume Analysis, Stochastics, Oscilators, dan lain-lain. 'Tools' ini bila diperhatikan mencapai ratusan buah, dan kadang kala antara satu dengan yang lain memberikan penilaian yang berbeda. Ini dapat dimengerti karena sifat dasar dari 'tools' itu sendiri, apakah tergantung pada trend atau tidak.

Di lain pihak, fundamental analisis memperhatikan apa yang sedang berlangsung di 'dunia'. Pada dasarnya, fundamental analisis memperhatikan beberapa komponen penting dalam perekonomian makro suatu negara, seperti tingkat inflasi, tingkat suku bunga, jumlah tenaga kerja atau pengangguran, ekspektasi pasar atau rumor, himbauan pemerintah, keadaan neraca keuangan negara, dan lain-lain.

Menurut aku secara pribadi, dalam melakukan analisis yang terbaik adalah kita harus mengetahui tren secara umum yang dihimpun dari sisi fundamental. Kemudian barulah secara teknis mengamati arah pergerakan pasar dari sisi teknis.

Tetapi dari pada semua hal di atas, sesuai pengalaman diriku, yang paling penting dalam trading adalah kesabaran. Apakah Anda setuju? Terima kasih. (-jF-)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah.. tergantung...
Kalo pasar lagi bullish, kayaknya bisa di pake...
Tapi kalo lagi krisis, wah.. Jangan ditanya....
Hehehehe...
Sesakti apapun analisinya tidak ada yang bisa menandingi kepanikan investor..
Hehehe...


www.1001peluang-bisnis.co.nr
www.investorsaham.co.nr