Senin, 04 Agustus 2008

Dolar Berbalik Arah?



Setelah semingguan ini dolar dengan perkasa menguat terhadap beberapa mata uang penting dunia, apakah tiba saatnya bagi dolar untuk berbalik arah? Dengan mengamati berbagai data dari US yang mengecewakan, di antaranya jobless claim yang membengkak, US spending report yang lemah yang bahkan membuat harga minyak dunia turun hingga 4 USD. Tetapi, bila diperhatikan pergerakan USD terhadap mata uang lainnya, masih terlihat bahwa dolar malu-malu untuk berbalik arah. Ini dapat dipahami karena untuk EUR pun data dari Eurozone sendiri cukup mengecewakan.



Pada gambar di atas, terlihat bahwa ada trend yang mulai diikuti oleh EUR/USD. Apakah trend ini dapat support? Aku sendiri telah memperhatikan trend ini sejak hari jumat, dan sepanjang ini trend-line tersebut dapat diikuti. Mari kita lihat apakah dalam dua-tiga hari ke depan ini masih dapat digunakan untuk memprediksi? Hari ini tanggal 4 Agustus 2008 jam 23.13, posisi EUR/USD (buy) 1.5566.

Pelemahan USD ini tidak terjadi langsung karena pada dasarnya ada harapan bagi USD untuk mengalami penguatan lebih jauh. Ini juga terlihat pada indeks DOWJONES (DJIA). Jadi, mari kita tunggu. Terima kasih... (-jF-)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Pergerakan harga memang bisa berbalik tergantung kepada trend yang terjadi di pasar. oleh karena itu saya memanfaatkan Kalender ekonomi fleksibel yang bisa disaring berdasarkan zona waktu, tanggal, kekuatan dampak peristiwa yang tersedia di broker octafx untuk membantu saya melihat arah trend pasar